16 Maret 2009

Catatan Rapat Alumni 14 Maret 2009 Di Kampus Caping-caping kuning

Peserta hadir :

Cipto’82, Udiyono’82, Dwi’82, Daryoso’83, Widhi’83, Sapto’83, Rina’83, Ganjar’84, Didik’84, Nur wiyono’86, Humardani’87, Joko’87

Alhamudilillah, rapat akhirnya dimulai jam 15.30 setelah mundur dari jadwal semula jam 14.00 maklum masih banyak yang bekerja sehingga baru bisa kumpul jam 15.00. Kami setelah saling melepas rindu, kami cari tempat untuk rapat, tujuan adalah ruang organisasi mahasiswa yang menurut pak Pramono, sudah dipersiapkan untuk kami, kelilinglah kami memutari halaman, perpusatakaan sampai kelas-kelas kita, dan akhirnya ketika aku dan Daryoso sedang asyik mengitari kelas A1, Ganjar masuk diruang BEM ruangan sejarahnya saat dia dulu jadi ketua BPM dan Tarmudzi jadi ketua Senat, dan dia masih menemukan banyak sertifkat jamannya, berarti 20 tahun lalu…..dan aku ditunjukkannya buku pak Timan bapak Farming….. waow, langsung aku tenteng aja untuk aku pinjam, kalau sempat akan aku perbanyak untuk kenang-kenangan, tapi baru sekarang terbersit kenapa saya tidak minta cetak ulang, atau…….


Aku buat saja tambahannya sebagai kenang-kenangan 50 tahun ulang tahun Akademi Farming tepat nanti 1 Desember 2010 dan dibagikan kepada semua alumni yang hadir pada ulang tahun emas….. wah…. Aku ajak teman-teman yang suka menulis ah….. Diana hai bersediakan dirimu masuk dalam tim penyusun buku kenangan 50 tahun farming, bersama wartawan Suara Merdeka angkatan ’87 kali ? mas Ragil, JN Wahyudi, dan teman-teman lain yang bersedia menjadi wartawan sukarelawan. Atau narasumber untuk materi buku ulang tahun emas Farming. Waow…… asyik pasti, siapa yang berminta, sekalian cari sponsor ah….. bagaiman kalau Suara Merdeka, PTP, Toba Pulp Lestari, atau perusahaan teman-teman alumni kan banyak ya, sekalian promosi.

Ah jadi lupa mau laporan hasil pertemuan ….. ini dia sekilas infonya :
Berdasarkan beberapa pertemuan sebelumnya, diperoleh catatan penting sebagai berikut :

Dasar pertimbangan:
1. Kondisi Farming dari sisi menurunnya jumlah mahasiswa, masalah finance untuk operasional farming, kurangnya antusias dan kreatifitas dosen dalam mencari, memanfaatkan dan menciptakan peluang dalam kondisi apapun.
2. Keberadaan alumni yang luar biasa merupakan kekuatan untuk menerbangkan kembali bendera Farming bila diperlukan.
3. Perlunya dukungan dari alumni untuk membantu kondisi Farming

Rencana langkah kegiatan :
1. Membantu pembenahan manajemen Farming, melalui mencari jumlah mahasiswa sembari melakukan support untuk meningkatkan kualitas dosen, meningkatkan kualitas mahasiswa melalui jaringan alumni.
2. Agar kegiatan alumni untuk almamater bisa berlangsung panjang tanpa batas dan bisa berlanjut maka diperlukan pembentukan organisasi alumni, menghidupkan kembali IKALAF yang pernah ada.
3. IKALAF perlu membuat kegiatan yang bersifat pembentukan jaringan usaha yang bisa dimanfaatkan alumni, almamater dan mahasiswa bahkan bisa membantu masyarakat sebagai sumbangsih almamater, alumni dan mahasiswa bagi masyarakat dan seluruh bangsa Indonesia.

Hasil Rapat :
1. Pembentukan organisasi :
2. kegiatan yang akan dikelola
3. Sumber dana
4. Rencana kedepan
a. Meeting yang akan datang 12 april 2009 di kampus farming bendan duwur semarang jam 09.00 dengan peserta tim yang telah terbentuk, korwil dan para sukarelawan peduli kampus.
b. Meeting akan mengagendakan :

5. Mematangkan panitia untuk menuju pengurus ikalaf.
Ketua : Cipto’82
Wakil ketua : Daryoso’83
Bendahara 1 : Dwi’82
Bendahara 2 : Widhi ’83
Sekretaris 1 : Rina ’83
Sekretaris 2 : Dewi Laras’84
Kabid.peng.organisasi: Nur W’86 – Humardani’87
Kabid Usaha :Udiyono’82 – Sapto’83
Kabid. hubungan eksternal :Puji’83 - Ganjar’84
Kabid. Litbang: Joko’87
Kabid. Kesra: Didik’84
(kalau ada usul dan saran dari teman-teman untuk menyempurnakan tim ini, dipersilahkan menyampaikan langsung via e-mail, smsm, surat atau apapun)

6. Korwil
Semarang (Widhi)
Demak (Eny R)
Kudus (Rina DH' 83)
Pati (Agung P)
Jepara (Puspito’82)
Grobogan (Catur, Ganjar)
Blora (Kenang W, Usman Hadi)
Pemalang/Brebes/Tegal (Harto, Tarmudzi)
Pekalongan (Sukamto’82)
Magelang – Jogya (Ragil' 81, Budi)
Kebumen (Endang, Jumardi)
Purwokerto (Rivandi’86)
Yogyakarta (Hendrik)
Cilacap (Sigit Pramono)
Kendal (Partono, Agus Purwono)
Solo ( Udiono, Nurgiyanto, bambang TB)
Jabar – DKI ( Gatot P, Putut, JN Wahyudi, Lilik,)
Jatim ( Nung Didik, Adhi Kusniastoto, Edy Wilastono, bambang Dwiyanto, Iweng)
Luar jawa bag Barat (Edy mahmud)
Luar jawa bag Timur (Susilo widodo, Yohaness Bere)


7. Meminta bidang – bidang yang telah dibentuk menyampaikan rencana kegiatan.
a. Bidang keorganisasian (mengumpulkan data alumni berdasarkan data base kampus, ditambah hasil formasi dari media elektronik atau teman-teman).
b. Bidang usaha.
c. Bidang hubungan eksternal ( Mencari link untuk membantu Akademi dalam mengembangkan kegiatan akademis, mencari mahasiswa, menjalin hubungan dengan sekolah sekolah SLTA untuk menjadi calon mahasiswa, mencari link ke pemerintah untuk keberlangsungan sekolah farming yang hanya satu-satunya di Indonesia.
d. Bidang sosial dan kesejahteraan alumni dan almamater.
e. Bidang Litbang, akan menata jaringan informasi untuk memanfaatkan alumni berbagi ilmu dan pengalaman untuk mahasiswa agar kualitas sebagai agropreneur sejati dapat terbentuk.

Bisa mengundang dan mengajak alumni untuk berbagi ilmu bagi mahasiswa dan dosen :
a. John Alex Doko : Bidang Perikanan dan Kelautan.
b. Cipto : Bidang Peternakan
c. Pujo Winarno : Bidang Pertanian
d. Puji : Bidang pengolahan hasil Pertanian.
e. Edy Mahmud : Bidang Perkebunan
f. Hengki Hermawan : Bidang Motivasi
g. Diana dan Ganjar : Bidang Pendidikan luar sekolah
h. Tarmudzi : Pertambakan
i. Ragil Wiratno : Kewirausahaan
j. Sinungkraso : Budidaya Jamur Merang
k. Adhi Kusniastoto, Bambang Supriyanto, Erwin, Bagus Yulianto, Yosep, Kasiyat, Vap Saptoadhi
l. Diana, Hesti : Lingkungaan
m. Bambang Widhi : Farming mix farming

8. Mendengarkan rencana bidang usaha :
a. Ganjar dengan program sekolah alam ( koordinasi dengan erwin sang pencetus saat Reuni Penggaron)
b. Nora untuk peluang usaha ke beberapa perusahaan pengolahan hasil pertanian.
c. Mas Cipto peluang dibidang usaha sapi,
d. Mas Udiyono peluang bisnis bidang lainnya.
e. Teman-teman lain yang ingin memberikan masukan.

9. Menetapkan skala prioritas kegiatan berdasarkan manfaat dan kemampuan organisasi.

Karena selain kegiatan tersebut diatas yang bersifat jangka panjang ada event khusus pada 1 Desember 2010 yang bisa dimanfaatkan oleh alumni dan almamater untuk saling menjalin kerjasama positif untuk kelangsungan almamater dan kesejahteraan alumni pada event :
1. Ulang Tahun Emas Farming yang ke 50 tahun
2. Lustrum 10
3. Haul Pak Timan 1 windu ( 8 tahun)

Khusus untuk ulang tahun emas 50 tahun, ada beberapa acara yang sempat diusulkan :
a. Reuni Akbar
b. Lomba untuk lebih memperkenalkan Farming pada masyarakat (lomba karya tulis, lomba tanaman, lomba teknologi tepat guna dll usulan dari alumni).
c. Pak Pramono mengusulkan nanggap wayang kulit untuk meruwat Farming agar lebih maju. (wah....... ).
d. Kalau sekolahnya Erwin sudah jalan kan bisa sekalian dipamerkan pas murid-muridnya banyak.
e. Para peserta reuni akbar juga akan sangat berkesan bila bisa merasakan kegiatan outboundnya dik Hengki’88, jadi nanti peserta Reuni Akbar bisa merasakan dan setelah tahu manfaatnya bisa memanfaatkan Alumni Farming sebagai trainer di perusahaan / instansi para alumni. Pada saat tersebut maka Farming melalui PAMAFA dan alumninya bisa menyebarkan ilmu motivasi ke semua penjuru dan pelosok dambil bersilaturahmi. Ini termasuk meningkatkan SDM Generasi Muda Indonesia bukan ? hm..... dik Hengki siap-siap jadi trainer ya ? dan siapin juga tim kalau nanti diundang ke daerah-daerah alumni.
f. Saya juga akan undang ESQ Ari Ginanjar untuk memberikan preview untuk alumni, mahasiswa dan dosen serta karyawan Farming. Hm..... ini SQ penting untuk memberikan support spriritual Quatient.

Teman-teman, begitu banyak impian alumni dan almamater untuk kembali menikmati masa jaya Farming bukan untuk alumni, atau untuk almamater, atau untuk dosen dan karyawan Farming tetapi karena semangat Indonesia agar tetap mempertahankan hasil petani agar menjadi tuan di negeri sendiri jangan sampai kalah atau diambil oleh negeri lain dengan membanjiri dan itu bisa terwujud kalau petani Indonesia dibekali dan didampingi Farming untuk bisa menghasilkan produk-produk pertanian terbaik, tidak kalah dengan buah dan sayur import.

Sepertinya kita perlu bagi-bagi tugas, saling menyiapkan timnya, nanti kita atur kapan pertemuannya untuk diluncurkan programnya. Kita dari tim kecil juga sudah mempertimbangkan jarak dan kesempatan untuk berkumpul ada banyak pertimbangan kesibukan dalam negri ( keluarga) dan luar negri (pekerjaan dan bisnis), maka untuk saat ini tim kecil yang akan lebih intensif mematangkan sebagai tim tuan rumah dan teman-teman yang tidak sempat / jarak jauh tetap bisa ikut urun rembug, usul saran dsb dengan mengirim e-mail, surat, fax, sms ataupun telpon kepada tim kecil. Setelah langkah dan rencana kerja sudah matang maka pertemuan akan diperjarang menjadi 3 bulanan atau 6 bulanan atau setiap berapa tahun sekali akan pertemuan dengan melibatkan banyak alumni khususnya dengan mengadakan event khusus, jadi bukan sekedar reuni, tetapi ada kegiatan lain, misalnya reuni dengan meresmikan sekolah alam Farming...hmmm, bisa diisi dengan banyak kegiatan dari, untuk dan oleh alumni, dosen dan mahasiswa. Bagaimana teman-teman ?

Untuk persiapan ulang tahun emas mesti ada penanggung jawab panitia khusus ini. Siapakah sukarelawan yang bersedia duduk sebagai panitia persiapan reuni akbar dan ulang tahun emas Farming.

Untuk persiapan mencari mahasiswa setiap tahun ajaran baru, atau setiap semesteran khususnya untuk mahasiswa transfer dari D3 ke S1 hubungan eksternal.

Persiapan sekolah alam Erwin, Hengki, Ganjar Pramono, Bagus Yulianto

Bhakti dan peduli alumni dan mahasiswa untuk masyarakat melalui pengangkatan air dari gua karst untuk masyarakat Grobogan.

Buat teman-teman yang kebagian untuk membagi ilmu bagi adik-adik mahasiswa dan dosen mudah-mudahan bisa berbagi dipersiapkan materinya. Tapi kira-kira teman-teman yang sudah jadi pejabat, birokrat, pengusaha dan bisnisman apa kira-kira masih sempat dan bersedia meluangkan waktu untuk adik-adik Farming untuk membekali sebelum lulus ya ? bukankah Pak Timan berharap lulusan Farming bisa menciptakan lapangan pekerjaan pada bidang usaha tani. Ya Mudah-mudahan diantara kesibukan masing-masing masih tersisa meski sedikit kepedulian dan keinginan untuk berbagi pada generasi muda Farming. Dengan begitu harapannya bangsa Indonesia akan lebih maju Pertanian dan usaha taninya dengan banyaknya alumni farming yang bisa menjadi yang terbaik.

10. Anggaran dan Dana
a. Dana untuk Akademi
b. Biaya revitalisasi lembaga pendidikan (info by Ganjar Pramono).
c. Dana untuk kegiatan alumni untuk almamater
Iuran
Sumbangan
Pinjaman tanpa bunga
Pinjaman dengan bagi hasil
Kegiatan usaha dari Ikalaf

11. Lain-lain
a. Pertemuan tim besar :
Ketua & wakil (Daryoso), sekretaris dan wakil (Dewi Laras), Bendahara dan wakil
Bidang keanggotaan alumni (mendata alumni). Nur Wiyono'86 dan Humardani'87
Bidang Pengembangan usaha (pusat Pengembangan bisnis) Sapto, Udiyono
Bidang Kerjasama eksternal (termasuk mencari mahasiswa) Joko dan Puji
Bidang Pengembangan SDM ( Litbang )
Demekian teman-teman catatan kecil saya, semoga berkenan, semoga menjadi tali silaturahmi, semoga bermanfaat dan maafkan saya kalau ada yang tidak berkenan, tiada hal yang paling membahagiakan kecuali kita bisa memberikan yang terbaik untuk Bangsa, Negara, umat dan siapapun yang memerlukan kita. Semoga setiap usaha diridhoiNYA . Amin.

17 Maulid 1430 H
Saat Purnama begitu sempurna
Sungguh indah cahayanya diatas langit yang terbentang luas tanpa batas.
Kelak kuingin purnama datang di 50 tahun farming
Saat kita semua berkumpul untuk Indonesia.


1 komentar:

PAMAFA mengatakan...

UNTUK PARA KORWIL DAN PENGURUS TOLONG KIRIMKAN FOTONYA.....SAYA MAU BUAT MEDIA LAIN ...........UNTUK MEMOTIVASI YANG LAIN
SEKALIAN BIAR KENAL...TRIM'S

H2'88