06 Februari 2009

Filosofi Mutiara

Rekan-rekan alumni: para senior, teman seangkatan maupun yunior, seperti apa yang saya sampaikan dalam tulisan saya sebelumnya; saya mengibaratkan kita ini adalah mutiara-mutiara yang dibentuk oleh “kerang mutiara” yang bernama Akademi / Sekolah Tinggi Farming Semarang. Dalam kesempatan ini saya ingin membagikan filosofi Mutiara.
Dalam bahasa Inggris, mutiara adalah PEARL. Makna dari kata PEARL dapat diuraikan sebagai berikut:

P = Proactive (Proaktif)
Setiap alumni farming hendaknya proaktif, memberi masukan-masukan inofatif dalam setiap bidang kehidupan, ditempat kerja, dimasyarakat, dan terhadap almamater dengan mengoptimalkan seluruh daya dan talenta yang dimiliki.

E = Enthusiastic (antusias)
Setiap alumni farming hendaknya selalu antusias dalam setiap melaksanakan tugas panggilan hidup, baik dalam keluarga inti, di masyarakat maupun dalam konteks KELUARGA BESAR ALUMNI FARMING.

A =Accountable (bertanggung jawab)
Setiap alumni farming hendaknya memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, baik dalam keluarga, masyarakat dan almamater. Terlebih tanggung jawab terhadap “hidup” yang merupakan anugerah dari TUHAN YANG MAHA KUASA, yakni dengan “hidup yang bermanfaat bagi yang lain”.

R = Respect (rasa hormat)
Setiap alumni farming hendaknya bersikap hormat dan memiliki rasa hormat terhadap siapa saja tanpa pandang status. Dalam konteks keluarga besar ALUMNI FARMING, hormat terhadap almamater dan seluruh citivas academica, hormat terhadap senior, terhadap sesama satu angkatan dan terhadap yunior. Perlu diingat bahwa Alumni Farming adalah orang-orang terhormat.

L = Low profile (rendah hati)
Sifat/sikap rendah hati hendaknya dimiliki oleh setiap alumni farming; karena apapun jabatan kita, apapun status kita, apapun hasil karya kita bukan semata-mata karena kekuatan diri kita, melainkan atas izinNYA. Seperti halnya rencana-rencana besar kita sebagai alumni terhadap almamaternya harus disertai sikap rendah hati seperti padi “semakin berisi semakin merunduk”

Jika setiap alumni farming memiliki filosofi mutiara (pearl) tersebut, niscaya nama SEKOLAH TINGGI FARMING SEMARANG beserta para alumninya akan memiliki nama besar dan disegani di masyarakat.
Semoga bermanfaat.

Salam caping-caping kuning
JN’84

2 komentar:

email : alumnifarming@gmail.com mengatakan...

luar biasa....
seperti setetes embun dipadang gersang... tulisanmu menyejukkan.... sekaligus mengingatkan betapa masih banyak yang harus kita lakukan sebagai mahlukNYA..... semoga bisa memanfaatkan waktu diseluruh sisa umur untuk kebaikan. tks dan salam untuk keluarga.
rdh'83

email : alumnifarming@gmail.com mengatakan...

salam kembali untuk mbak Rina dan keluarga. Semua ini karena ijinNYA. Semoga apa yang sudah kita lakukan, sedang dilakukan atau akan kita lakukan bukan untuk mencari pujian diri, tetapi demi memulikan namaNYA YANG MAHA BESAR, sebab pada hakekatnya semua yang ada pada kita adalah milikNYA, yang kita punya hanya "hak pakai".
jn'84